| Vitamin D atasi 'ketuaan' | ||||
|
|
Bekasinews.com.- Vitamin D, yang dikandung ikan dan diproduksi oleh sinar matahari, bisa membantu menghentikan penurunan mental yang bisa menyerang manula. Para peneliti Inggris dan Amerika memeriksa 2.000 orang berusia 65 tahun lebih. Penelitian mereka menukan bahwa dibandingkan dengan manula yang memiliki kadar vitamin D tinggi, manula dengan kadar vitamin D rendah memiliki kemungkinan mengalami kerusakan dalam mengerti dua kali lebih besar. Yayasan amal Alzheimer mengatakan penelitian itu menarik, tetapi masih perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui secara pasti peran vitamin D. Vitamin D penting untuk mempertahankan kesehatan tulang, dalam menyerap kalsium dan fosfor serta membantu sistem kekebalan tubuh. Manusia mendapatkan vitamin ini dari sinar matahari, makanan seperti ikan berminyak dan makanan yang diperkuat dengan vitamin D seperti susu dan minuman kedelai. Namun kulit manula kurang bisa menyerang vitamin D dari sinar matahari, sehingga mereka lebih tergantung pada sumber lain untuk mendapatkannya. Pelengkap Penelitian terhadap binatang dan juga di laboratorium sebelumnya memperlihatkan vitamin ini memiliki dampak positif pada fungsi kognitif. Tim peneliti Fakultas Kedokteran Peninsula di Exeter, Universitas Cambridge dan Universitas Michigan, memeriksa daya kognisi, atau daya pemahaman, manusia. Orang yang daya pemahamannya rusak memiliki kemungkinan besar untuk menderita pikun. Para peneliti memeriksa peserta Survey Kesehatan di Inggris tahun 2000. Hanya 200 lebih orang memiliki kerusakan daya pemahaman yang cukup besar, ini diperiksa dari perhatian manusia, orientasi terhadap waktu, ruang dan daya ingat. Penelitian ini juga menemukan bahwa disaat kadar vitamin D menurun, tingkat kerusakan daya pemahaman meningkat. (BBC)
3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."
|











